Trend masyarakat Jabodetabek terhadap hunian yang nyaman dari tahun ke tahun mulai berubah. Adanya keterbatasan lahan, membuat sejumlah orang kini lebih nyaman tinggal di apartemen dibandingkan tinggal di rumah tapak.  Munculnya pola hidup praktis, membuat masyarakat terutama kalangan muda lebih memilih “hunian vertikal” ini menjadi alternatif.

 Namun perubahan trend hunian ini tak melulu dapat merubah gaya hidup penghuninya, berbagai kebiasaan ketik sesesorang tinggal di rumah tapak (landed house) kadang masih terbawa-bawa meskipun mereka sudah tinggal di hunian vertikal. Karena itu maka seseorang yang baru saja pindah ke apartemen perlu melakukan penyesuaian.

 Sebab ada perbedaan budaya yang sangat jauh ketika kita memilih tinggal di landed housedengan di apartemen. Kalau pada rumah tapak, ketika kita berada di rumah semuanya bersifat privat, tapi ketika kita tinggal di apartemen selain memiliki hak privat kita juga perlu memahami hak publik. Karena di apartemen batasan antara ruang publik dengan ruang ruang privasi sangatlah dekat.

 Misalnya, meski kita sudah membeli ruang apartemen milik kita, kita tidak bisa seenaknya membongkar dinding atau menggetok-getokkan paku ke dinding ruangan kita. Sebab jika itu dilakukan, maka kita dapat mengganggu penghuni apartemen yang lain. Sehingga kita tidak bisa seenaknya membongkar atau merenovasi ruangan apartemen kita meskipun ruangan itu masuk ranah privasi Anda.

Oleh karena itu, tulisan ini bermaksud menjelaskan beberapa aturan dan etika selama Anda tinggal di apartemen. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda tidak perlu bersitegang dengan tetangga apartemen Anda.

  1. Etika pertama yang perlu Anda perhatikan adalah Anda tidak bisa menggunakan ruang apartemen Anda sebagai kantor atau fungsi komersial yang sifatnya bisa mengganggu kepentingan penghuni lainnya. Sebab sebuah kantor paling tidak akan ada lebih dari dua orang dalam sebuah ruangan, sehingga hilir mudik pegawai kantor tentu akan mengganggu tetangga Anda.

 

  1. Etika kedua, Anda perlu menjaga kebersihan tempat tinggal maupun fasilitas umumyang ada di apartemen Anda.Kalau mungkin selama Anda tinggal di perumahan Anda bisa membuang sampah secara sembarangan, di apartemen itu tidak dapat Anda lakukan karena pasti Anda akan mendapat protes dari penghuni lainnya. Jadi di apartemen jelas Anda harus lebih tertib.

 

  1. Etika ketiga, kalau selama tinggal di hunian tapak Anda bisa dengan bebas menyalakan televisi atau radio dengan volume yang cukup besar, sebaiknya hal itu tidak Anda lakukan selama tinggal di apartemen. Sebab jika Anda memasang musik dengan suara yang keras atau bicaradengan nada keras,pastilah juga Anda bisa dikomplain oleh para tetangga Anda.

 

  1. Etika keempat adalah Anda sebaiknya tidak membuat masakan dengan aroma yang menyengat. Kalau biasanya Anda bisa masak ikan asin, terasiataupetaisecara bebas, di apartemen sebaiknya jangan lakukan itu. Sebab aroma yang dihasilkan lewat masakan Anda tentu akan tercium ke mana-mana sehingga tindakan Anda itu akan sangat rawan dengan komplain dari para tetangga.

 

  1. Etika kelma adalah Anda tidak dapat memelihara atau memasukkan hewan kesayangan Anda ke dalam apartemen. Anda perlu lebih dahulu berkonsultasi dengan pengelola apartemen dan tetangga Anda jika Anda hendak membawa hewan kesayangan Anda itu ke apartemen. Sebab seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tak seperti rumah tapak, kawasan privasi bagi para penghuni apartemen sangatlah dibatasi oleh privasi penghuni lainnya.

 

  1. Etika keenam adalah Anda tidak dapat menguasai sejumlah peralatan atau fasilitas apartemen seorang diri. Karena semua benda atau fasilitas yang disediakan oleh pengelola aparteman adalah milik bersama dan tidak dapat dimonopoli untuk kepentingan pribadi.

 

Demikianlah sekelumit etika yang perlu Anda perhatikan jika Anda ingin tinggal di jenis hunian vertikal ini. Jika Anda tidak mungkin mematuhi etika-etika tersebut, sebaiknya Anda tidak memilih hunian jenis ini sebagai alternatif hunian Anda.

 

Sumber : https://utulsa.edu/campus-life/housing-dining/university-apartments/